Selasa, 15 November 2016

PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA TIMUR



PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

JUDUL PROGRAM
PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA TIMUR

BIDANG KEGIATAN:
PKM PENELITIAN (PKM-P)

Diusulkan oleh :

RENI SUSANTI                   131610362/ 2013
MARIANA    131610362 / 2013
.........................


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK
PONTIANAK
2016











DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.................................................................................          i
LEMBAR PENGESAHAN......................................................................          ii
DAFTAR ISI..............................................................................................          iii
RINGKASAN............................................................................................          iv

BAB 1. PENDAHULUAN........................................................................          1
1.1 Latar Belakang.............................................................................          1
1.2 Rumusan Masalah.........................................................................          1 
1.3 Tujuan Penelitian .........................................................................          2
1.4 Luaran Yang Diharapkan.............................................................          2
1.5 manfaat penelitian .......................................................................          2

BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA..............................................................          3
2.1 Pengertian Metode Audio Visual.................................................
2.2 Pengertian Motivasi Belajar..........................................................
2.3 Pengertian Hasil Belajar...............................................................

BAB 3. METODE PENELITIAN...........................................................          5
3.1 Tempat Dan Waktu Penelitian......................................................
3.2 Metode Penelitian.........................................................................
3.3 Teknik Pengumpulan Data...........................................................
3.4 Instrumen Penelitian.....................................................................
3.5 Teknik Analisis Data....................................................................

BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN......................................          7
4.1 Anggaran Biaya............................................................................          7
4.2 Jadwal Kegiatan...........................................................................          7

BAB 5. DAFTAR PUSTAKA..................................................................         7
BAB 6. LAMPIRAN - LAMPIRAN........................................................         8
Lampiran 1. Biodata Ketua, Anggota dan Dosen Pembimbing.........         8
Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan.......................................         12
Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Peneliti dan Pemberian tugas..         14
Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Peneliti.....................................         15
Lampiran 5. Surat Pernyataan Kesediaan Kerjasama Dari Mitra.......







RINGKASAN

Kata Kunci :


















BAB 1. PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Dalam proses pendidikan disekolah,belajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Artinya berhasil atau tidak nya pencapaian tujuan pendidikan ditentukan oleh proses belajar dan pembelajaran sisiwa disekolah tersebut, sedangkan keberhasilan belajar seeorang tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah motivasi siswa tersebut dalam belajar.
Kenyataan dilapangan banyak kita jumpai siswa belajar karena terpaksa atau karena  kewajiban, bukan karna kebutuhan. Sehingga mereka melakukan kegiatan belajar tidak dengan sepenuh hati atau asal-asalkan saja sehingga hasil yang diperoeh tidak optimal.
Hal tersebut terjadi karna didasari tidak adanya motivasi dan kemauan yang tulus dalam diri seorang siswa, lemahnya motivasi siswa tersebut dalam belajar sehingga yang ada daam dirinya hanya malas dan tidak ada semagat. Inilah yang melatar belakangi penulis membuat makalah ini untuk mengetahui lingkup dari motivasi siswa tersebut.


 
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
a.       Bagaimanakah perencanaan guru dalam mengembangkan sosial emosional anak kelompok A di TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA pontianak Timur ?
b.      Bagaimanakah pelaksanaan Role Playing dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan sosial emosional belajar dan hasil belajar anak kelompok A di TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA  Pontianak Timur ?
c.       Bagaimanakah evaluasi guru dalam penerapan metode Role Playing dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan sosial Emosional belajar dan hasil belajar anak kelompok A TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA Pontianak Timur ?


1.3  Tujuan
Tujuan dari Penelitian  PKM ini adalah :
a.       Untuk mengetahui apakah adanya perubahan sosial emosional  anak kelompok A dalam penerapan metode role playing dalam proses belajar mengajar di TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA Pontianak Timur


1.4  Luaran yang Diharapkan
Luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah :
a.       Guru bisa mengaplikasikan metode ini dalam proses belajar mengajar
b.      Siswa  mudah memahami pembelajaran yang telah diberikan

1.5  Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah :
a.      Manfaat Teoritis


b.      Manfaat Praktis







BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA
1.1              Pengertian Perkembangan Sosial Emosional
Perkembangan sosial merupakan suatu proses pembentukan social self (pribadi dalam masyarakat) , yakni pribadi dalam keluarga, budaya, bangsa dan seterusnya (Muhidin, 1999). Sedangkan Harlock (1978) menyatakan bahwa perkembangan sosial merupakan perolehan kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial. Sementara ahli yang lain menyatakan bahwa perkembangan sosial merupakan suatu proses di mana individu/anak melatih kepekaan dirinya terhadap rangsangan-rangsangan sosial, terutama tekanan-tekanan dan tuntutan kehidupan kelompoknya serta belajar bergaul dengan bertingkah laku, seperti anak lain dalam lingkungan sosialnya.(Loree, 1970).
Lebih lanjut dikatakan bahwa perkembangan sosioemosional meliputi perkembangan dalam hal emosi, kepribadian, dan hubungan interpersonal (Papalia, 2004). Pada tahap awal masa kanak-kanak, perkembangan sosial emosional berkisar tentang proses sosialisasi, yaitu proses ketika anak mempelajari nilai-nilai dan perilaku yang diterima dari masyarakat (Dodge, 2002).

1.2              Pengertian Pembelajaran Role Playing
Dalam buku Pembelajaran Kontekstual (Komalasari : 2010) Model Pembelajaran Role Playing adalah suatu tipe Model pembelajaran Pelayanan (Sercvice Learning). Model pembelajaran ini adalah suatu model penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan murid. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan murid dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benada mati. Permainan ini pada umumnya dilakukan lebih dari satu orang, hal ini bergantung kepada apa yang di perankan. Sedangkan menurut Jill Hadfield Role playing atau bermain peran adalah sejenis permainan gerak yang didalamnya ada tujuan, aturan dan sekaligus melibatkan unsur senang  Dalam role playing murid dikondisikan pada situasi tertentu di luar kelas, meskipun saat itu pembelajaran terjadi di dalam kelas. Selain itu, role playing sering kali dimaksudkan sebagai suatu bentuk aktivitas dimana pembelajar membayangkan dirinya seolah-olah berada di luar kelas dan memainkan peran orang lain. Metode Role Playing adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Adanya model pembelajaran Role Playing dalam buku Model Pembelajaran  (2008:25) didasarkan pada: pertama, dibuat berdasarkan asumsi bahwa sangatlah mungkin menciptakan analogi otentik kedalam situasi permasalahan kehidupan nyata. Kedua, bahwa bermain peran dapat mendorong siswa mengekspresikan perasaannya dan bahkan melepaskan perasaannya. Ketiga, bahwa proses psikologis melibatkan sikap, niali dan keyakinan (belief) kita serta mengarahkan pada kesadaran melalui keterlibatan spontan yang disertai analisis . model pembelajaran ini dipelopori oleh George Shafel.
Model pembelajaran role playing atau bermain peran ini merupakan pembelajaran yang lebih menekankan pada permainan gerak dan siswa biasanya di latih untuk memahami, memperagakan setiap peran – peran yang di perankan nya untuk selanjutnya biasanya siswa di tugaskan untuk memberikan penilaian baik kekurangan atau kelebihan dari peran yang dimainkan ataupun juga jalan cerita yang di perankannya. Selain penialaian terhadap peran, penilaaian terhadap jalan cerita dalam role playing tersebut biasanya di jadikan bahan refleksi dalam model pembelajaran role playing misalnya menentukan apa isi dari cerita tersebut, hikmah yang di dapat dalam ceritanya dan lain- lain.
Menurut Miftahul A’la dalam bukunya Quantum Teaching (2011:49) metode pembelajaran Role playing (bermain peran) adalah merupakan cara penguasaan bahan–bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan yang dimiliki oleh setiap siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankan memerankan sebagai tokoh hidup atau benda mati. Permainan ini umumnya dilakukan lebih dari satu orang, itu bergantung kepada apa yang di perankan.







BAB 3. METODE PENELITIAN
3.1  Tempat Dan Waktu Penelitian
Penelitian ini akan dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Pembina Pontianak Timur pada tahun ajaran 2017/2018 yang beralamat di Jalan  Sultan Hamid 2 .  Komplek Gerbang Permata Asri Dalam Bugis. Pontianak Timur Kota Pontianak Kalimantan Barat
3.2  Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian kualitatif
Penelitian kualitatif adalah suatu pendekatan yang juga disebut pendekatan investigasi karena biasanya peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian (McMillan & Schumacher, 2003). Penelitian kualitatif juga bisa dimaksudkan sebagai jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya ( Strauss & Corbin, 2003). Sekalipun demikian, data yang dikumpulkan dari penelitian kualitatif memungkinkan untuk dianalisis melalui suatu penghitungan.
Penelitian kualitatif (Qualitative research) bertolak dari filsafat konstruktivisme yang berasumsi bahwa kenyataan itu berdimensi jamak, interaktif dan suatu pertukaran pengalaman sosial (a shared social eperience) yang diinterpretasikan oleh individu-individu. (Nana Syaodih, 2001 : 94).
Sementara itu, menurut (Sugiono, 2009:15), metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositifsime, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sample sumber dan data dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi (gabungan) analisis data bersifat induktif / kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan pada makna daripada generalisasi.
Metode penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian naturalistic (naturalistic research), karena penelitian dilakukan dalam kondisi yang alamiah (natural setting). Disebut juga penelitian etnografi, karena pada awalnya metode ini banyak digunakan untuk penelitian bidang antropologi budaya. Selain itu disebut sebagai metode kualitatif karena data yang terkumpul dan dianalisis lebih bersifat kualitatif.
Pada penelitian kualitatif, penelitian dilakukan pada objek yang alamiah maksudnya, objek yang berkembang apa adanya, tidak dimanipulasi oleh peneliti dan kehadiran peneliti tidak begitu mempengaruhi dinamika pada objek tersebut.


3.3  Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling utama dalam proses penelitian, karena tujuan utama dari penelitian adalah mendapatkan data. Teknik pengumpulan data yang diperlukan disini adalah teknik pengumpulan data mana yang paling tepat, sehingga benar-benar didapat data yang valid dan reliable.
Dalam penelitian ini, obervasi di gunakan untuk mengetahui adanya perubahan tingkah laku tindakan siswa yaitu meningkatnya asosial emosional anak. Dalam penelitian ini, metode dokumentasi digunakan untuk mendukung hasil observasi yang dilakukan peneliti tentang tentang identifikasi anak di TK Pembina Timur antara lain seperti nama siswa, banyak siswa, daftar nilai serta proses penelitian.

3.4  Instrumen Penelitian
Instrumen yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah lembar observasi berupa check list untuk mengetahui adanya pengaruh yang terdapat dari penerapan metode audio visual yang akan digunakan.

3.5  Teknik Analisis Data
Dalam menganalisis data hasil penelitian dapat diuraikan secara deskriptif (kualitatif). Menurut Miles dan Huberman, terdapat tiga teknik analisisi data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Proses ini berlangsung terus-menerus selama penelitian berlangsung, bahkan sebelum data benar-benar terkumpul.
a.       Reduksi Data
Reduksi data merupakan salah satu dari teknik analisis data kualitatif. Reduksi data adalah bentuk analisis yang menajamkan, menggolongkan, mengarahkan, membuang yang tidak perlu dan mengorganisasi data sedemikian rupa sehingga kesimpulan akhir dapat diambil. Reduksi tidak perlu diartikan sebagai kuantifikasi data.
b.      Penyajian Data
Penyajian data merupakan salah satu dari teknik analisis data kualitatif. Penyajian data adalah kegiatan ketika sekumpulan informasi disusun, sehingga memberi kemungkinan akan adanya penarikan kesimpulan. Bentuk penyajian data kualitatif berupa teks naratif (berbentuk catatan lapangan), matriks, grafik, jaringan dan bagan.
c.       Penarikan Kesimpulan
Penarikan kesimpulan merupakan salah satu dari teknik analisis data kualitatif. Penarikan kesimpulan adalah hasil analisis yang dapat digunakan untuk mengambil tindakan.




BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

4.1 Anggara Biaya
Tabel 4.1 Format Ringkasan  Anggaran Biaya Penelitian
No
Jenis Pengeluaran
Biaya
1
Peralatan Penunjang

2
Bahan Habis Pakai

3
Perjalanan

4
Lain-Lain

Jumlah


4.2 Jadwal Kegiatan Program
Kegiatan akan dilaksanakan selama 3 bulan dengan rincian kegiatan sebagai berikut:
Tabel 4.2 Jadwal Kegiatan Program
No
Rincian Kegiatan
Bulan ke-
I
II
III
1
Konsultasi



2
Persiapan



3
Perizinan



4
Pelaksanaan program



5
Analisis data



6
Penarikan kesimpulan



7
Penyusunan laporan akhir / hasil

















BAB 5. DAFTAR PUSTAKA
......... 2015. Teknik Pengumpulan Data Dan Analisis Data Kualitatf. Tersedia [On Line]: (http://www.pengertianpakar.com/2015/05/teknik-pengumpulan-dan-analisis-data-kualitatif.html). Di Akses Pada Tanggal 10 Oktober 2016
Rahayu. 2014. Teknik Pengumpulan Data. Tersedia [On Line]: (http://rahayyuchan.blogspot.co.id/2014/06/teknik-pengumpulan-data-dalam.html). Di Akses Pada Tanggal 10 Oktober 2016
Kartono, Kartini. (1986).  Psikologi Anak. Bandung : Alumni.
http://ras-eko.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-role-playing.html





BAB 6. LAMPIRAN – LAMPIRAN

Lampiran 1. Biodata Ketua, Anggota, Dosen Pembimbing
A.    Biodata Ketua
a.       Identitas Diri
1
Nama lengkap ( dengan gelar )
Reni Susanti
2
Jenis kelamin
Perempuan
3
Program studi
PG-PAUD
4
NIM
131610362
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Tayan 14 november1995
6
E-mail
Renisusanti82@yahoo.com
7
Nomor telepon / HP
085252044741

b.      Riwayat Pendidikan

SD
SMP
SMA
Nama institusi
SDN 01 Tayan Hilir
MTs. Alhikmah Tayan Hilir
SMA Negeri 1 Tayan Hilir
Jurusan


IPS
Tahun masuk-lulus
2001-2007
2007-2010
2010-2013

c.       Pemakalah Seminar Ilmiah ( Oral Presentation )
No
Nama pertemuan ilmiah / seminar
Judul artikel ilmiah
Waktu dan tempat





d.      Penghargaan Dalam 10 Tahun Terakhir  ( dari pemerintah, asosiasi atau intitusi lainnya)
No
Jenis penghargaan
Instusi pemberi penghargaan
Tahun





Semua data yang saya isikan dan tercantum adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari terdapat ketidaksesuaian maka saya sanggup diberikan sanksi. Demikian biadata ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk memenuhi syarat pengajuan hibah PKM-P.
Pontianak, 17 oktober 2016



RENI SUSANTI
131610362

B.     Biodata Anggota 1
a.       Identitas Diri
1
Nama lengkap ( dengan gelar )
Mariana
2
Jenis kelamin
Perempuan
3
Program studi
PG-PAUD
4
NIM
131610399
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Seluan 15 mei 1993
6
E-mail
Maria_nahasaputri@yahoo.com
7
Nomor telepon / HP
082389846684

b.      Riwayat Pendidikan

SD
SMP
SMA
Nama institusi



Jurusan



Tahun masuk-lulus
2001-2007
2007-2010
2010-2013

c.       Pemakalah Seminar Ilmiah
No
Nama pertemuan ilmiah / seminar
Judul artikel ilmiah
Waktu dan tempat





d.      Penghargaan Dalam 10 Tahun Terakhir
No
Jenis penghargaan
Instusi pemberi penghargaan
Tahun





Semua data yang saya isikan dan tercantum adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari terdapat ketidaksesuaian maka saya sanggup diberikan sanksi. Demikian biadata ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk memenuhi syarat pengajuan hibah PKM-P.

Pontianak, 17 Oktober 2016



MARIANA  
     131610399










C.    Biodata Anggota 2
a.       Identitas Diri
1
Nama lengkap ( dengan gelar )

2
Jenis kelamin
Perempuan
3
Program studi
PG-PAUD
4
NIM

5
Tempat dan Tanggal Lahir

6
E-mail

7
Nomor telepon / HP


b.      Riwayat Pendidikan

SD
SMP
SMA
Nama institusi



Jurusan



Tahun masuk-lulus




c.       Pemakalah Seminar Ilmiah
No
Nama pertemuan ilmiah / seminar
Judul artikel ilmiah
Waktu dan tempat





d.      Penghargaan Dalam 10 Tahun Terakhir
No
Jenis penghargaan
Instusi pemberi penghargaan
Tahun




Semua data yang saya isikan dan tercantum adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari terdapat ketidaksesuaian maka saya sanggup diberikan sanksi. Demikian biadata ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk memenuhi syarat pengajuan hibah PKM-P.
Pontianak, 17 oktober 2016



.....................................




D.    Biodata Dosen Pembimbing
Nama lengkap             :
NIDN                          :
Pangkat / gol               :
Jabatan sekarang         :
Riwayat pendidikan    :
Jenjang
NAMA SEKOLAH / PT
PROGRAM STUDI
TAHUN LULUS
S1



S2




Pengalaman jabatan
a.       ....................................
b.      ...................................
c.       ...................................
Pengalaman kegiatan ( termasuk kegiatan kewirausahaan )
a.       ......................................
b.      ...................................
c.       ...................................
Prestasi yang pernah diraih
a.       ...................................
b.      ...................................
c.       .................................
Pontianak, 17 oktober 2016
Dosen pendamping/ mentor,


Yuniarti, M.Pd
NIDN.

Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan
a.   Peralatan Penunjang
NO
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan
( Rp )
Jumlah
( Rp )
1
Sewa printer

3 kali


2
Sewa kamera

36 kali


3
DVD Blank




4
Microfon




5
Labeling CD




6
CD RW




7
Kabel colokan




8
Proyektor




9
Speaker




SUB TOTAL


b. Bahan Habis Pakai
NO
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan
( Rp )
Jumlah
( Rp )
1
Hvs A4

2 rim
38.000
76.000
2
Tinta Print

1 botol
80.000
80.000
3
Paket internet mencari materi

3 kali
60.000
180.000
4
Alat tulis kantor



500.000
5
Akomodasi

3 kali
150.000
450.000
SUB TOTAL


c. Perjalanan
NO
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan
( Rp )
Jumlah
( Rp )
1
Transportasi uji coba ke paud

3 org x 40 kali
30.000
3.600.000
2
Transportasi pembelian barang penunjang

3 org x 4 kali
30.000
360.000
3
Transportasi pembuatan laporan

3 org x 3 kali
30.000
270.000
SUB TOTAL


d. Lain-Lain
No
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan
( Rp )
Jumlah
( Rp )
1
Dokumentasi

2 pkt
50.000
100.000
2
Pembuatan laporan

4 eks
35.000
140.000
3
Materai



50.000
4
Pengolahan dan analisis data



250.000
5
Editing dan entry data



250.000
SUB TOTAL

TOTAL







Lampiran 3. Susunan Organisasi
No
Nama / NIM
Program Studi
Bidang ilmu
Alokasi waktu (jam/ mingg)
Uraian Tugas
1
RENI SUSANTI/ 131610362
PG PAUD
FKIP
12 Jam/
Minggu
-     Melakukan observasi awal penelitian,
-     Membuat perencanaan tahapan penelitian,
-     Melakukan pelaksanaan penelitian,
-     Melakukan analisis data,
-     Membuat laporan penelitian
2
MARIANA/ 131610399
PG PAUD
FKIP
12 Jam/
minggu
-     Melakukan observasi awal penelitian,
-     Membeli perlengkapan yang dibutuhkan dalam penelitian,
-     Melakukan pelaksanaan penelitian,
-     Mendokumentasikan kegiatan penelitian,
-     Membantu pembuatan laporan penelitian,
-     Menggandakan laporan penelitian
3

PG PAUD
FKIP
12 Jam/
minggu
-     Melakukan observasi awal penelitian,
-     Mengkoordinasi pengumpulan data dengan lokasi penelitian,
-     Mendokumentasi kegiatan peneltian,
-     Membantu pembuatan laporan penelitian,
-     Menggandakan laporan penelitian

Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Pelaksana

UNIVERSITAS MUHAMMADITAH PONTIANAK
Alamat : jalan jendral  A. Yani 1 no. 111 telp. / fax. (0561) 764571-737278
www. Unmuhpnk.ac.id  Pontianak – kalimantan barat


SURAT PERNYATAAN KETUA PELAKSANA
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                                       :  RENI SUSANTI
NIM                                        : 131610362
Program Studi                         : S1 PG PAUD
Fakultas                                   : KIP
Dengan ini menyatakan bahwa proposal ( PKM-P ) saya dengan judul : “Pngembangan Sosial Emosional Anak Dengan Menggunakan Metode Role Playing di Taman Kanak-Kanak Pembina Pontianak Timur” di usulkan untuk tahun anggaran ( 2017 ) bersifat orisinal dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.
Bilamana dikemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.
Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dengan sebenar-benarnya.

Pontianak, 24 oktober 2016
Mengetahui,                                                                            yang menyatakan,
Wakil rektor I UMP,                                                                                                  
Materai
Tanda tangan
Cap dan
Tanda tangan
 





Ir. Rachimi, M.Si                                                                        Reni Susanti
NIDN. 0029046802                                                                NPM. 131610362










Lampiran 5. Surat Pernyataan Kesediaan Dari Mitra

SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN KERJASAMA DARI MITRA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA

Yang Bertanda Tangan Dibawah Ini,
Nama                                       : ROSI DEPRI JUWITA, SE. S.Pd
Pimpinan Mitra                       : TK PEMBINA PONTIANAK TIMUR
Bidang Kegiatan                     : Kepala Sekolah
Alamat                                                : Jl.Sultan Hamid 2 . Pontianak Timur

Dengan ini menyatakan Bersedia Untuk Bekerjasama dengan pelaksana kegiatan Program Kreatifitas Mahasiswa --- Penelitian ---.             :

Nama Ketua Tim Pengusul     : RENI SUSANTI
Nomor Induk Mahasiswa       : 131610362
Program Studi                         : PG PAUD
Nama Dosen Pembimbing      : YUNIARTI
Perguruan Tinggi                     : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Guna menerapkan dan/ atau mengembangkan IPTEKS pada tempat kami.

Bersama ini pula kami nyatakan dengan sebenarnya bahwa diantara pihak mitra dan pelaksana kegiatan program tidak terdapat ikatan kekeluargaan dan ikatan usaha dalam wujud apapun juga.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab tanpa adanya unsur pemaksaan didalam pembuatannya untuk dapat digunakan dengan sebagaimana mestinya.

Pontianak, 24 oktober 2016
Yang menyatakan,
Materai
Tanda tangan
 





                                                   
ROSI DEPRI JUWITA, SE. S.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar