Selasa, 15 November 2016

MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA VIDEO VISUAL PADA KELOMPOK B1 TK DARUL ULOOM


 


PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

JUDUL PROGRAM
“MENINGKATKAN  KEMANDIRIAN ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA VIDEO VISUAL PADA KELOMPOK B1 TK DARUL ULOOM  ”

BIDANG KEGIATAN:
PKM PENELITIAN (PKM-P)

Diusulkan oleh :
                                                     
MARIANA                131610399 / 2013
RENI SUSANTI       131610362 / 2013
          Mustika Hati             161610196/ 2016

         
           




UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK
PONTIANAK
2016


HALAMAN PENGESAHAN USULAN PKM-PENELITIAN
1. Judul Kegiatan                                   :  Meningkatkan Kemandirian Anak
Dengan Menggunakan Metode Bercerita Berbantuan Media Video Visual Pada Kelompok B1 TK Darul Uloom
2.Bidang Kegiatan                                : PKM-P
3. Ketua Pelaksanaan                                                 
a. Nama Lengkap                       : Mariana.
b.NIM                                       : 131610399
c. Jurusan                                   : PG-PAUD
d.Universitas                             : Muhammadiyah Pontianak
e. Alamat rumah/Telp/    : Jl.Sepakat2 Gg.Villa Sepakat No D1
f.  Email                                     : maria_nahasaputri@yahoo.com
4. Anggota Pelaksaan Kegiatan             : 3 orang 
5. Dosen Pendamping                        
a.  Nama Lengkap dan Gelar     : Hj.Sudarti, M.Pd                                                    
b. NIDN                                     : 1126046902          
c. Alamat Rumah dan No. Telp : Jl. Purnama 2, Komplek.Villa Purnama Indah
                                                    No A12A ,  081256807025
d. Email                                                                    : sudarti.sanusi@yahoo.comdrt2604@gmail.com
6.Biaya Kegiatan Total DIKTI                             : Rp  6.460.000
Sumber Lain                                                           :-
7.Jangka Waktu Pelaksanaan                  : 3 bulan

Pontianak, 20 Oktober 2016
Mengetahui,
Pembantu Dekan II                                                                             Ketua Pelaksana Kegiatan
Fakultas Fkip Universitas Muhammadiyah Pontianak



Nama,                                                                                                  Nama,MARIANA
Nip,                                                                                                     Nim 131610399
  
Pembantu Dekan III                                                                           Dosen Pembimbing
Bidang Kemahasiswaan
Universitas Muhammadiyah Pontianak



Nama,                                                                                                  Nama, Hj.Sudarti, M.Pd                                                    
Nip,                                                                                                     NIDN, 1126046902
i
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.................................................................................          i
LEMBAR PENGESAHAN......................................................................          ii
DAFTAR ISI..............................................................................................          iii
RINGKASAN............................................................................................          iv

BAB 1. PENDAHULUAN........................................................................          1
1.1 Latar Belakang.............................................................................          1
1.2 Rumusan Masalah.........................................................................          2
1.3 Tujuan Penelitian .........................................................................          2
1.4 Luaran Yang Diharapkan.............................................................          3
1.5 manfaat penelitian .......................................................................          3

BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA..............................................................          4
2.1 Pengertian Kemandirian...............................................................          4
2.2 Pengertian Metode Bercerita........................................................        5
2.3 Pengertian Media Audio visual.......................................................          7

BAB 3. METODE PENELITIAN...........................................................          8
3.1  Metode Penelitian.........................................................................          8
3.2 Lokasi dan Sasaran Penelitian ……………………………….          8
3.3 Tahapan-tahapan penelitian …………………………………          9
3.4 Teknik Pengumpulan Data Penelitian ………………………          10
3.5 Teknik Analisis Data …………………………………………..          10

BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN......................................          11
4.1 Anggaran Biaya............................................................................          11
4.2 Jadwal Kegiatan...........................................................................          11

BAB 5. DAFTAR PUSTAKA..................................................................         12
BAB 6. LAMPIRAN - LAMPIRAN........................................................         13
Lampiran 1. Biodata Ketua, Anggota dan Dosen Pembimbing.........         13
Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan.......................................         22
Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Peneliti dan Pemberian tugas..         23
Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Peneliti.....................................         25
Lampiran 5. Surat Pernyataan Kesediaan Kerjasama Dari Mitra.......

ii

RINGKASAN


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui metode bercerita dengan menggunakan media Video Visual dapat meningkatkan kemandirian anak pada kelompok B1 TK Darul Uloom. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B1 sebanyak 24 orang, laki-laki 13 orang dan perempuan 10 orang. Salah satu aspek yang memiliki peranan penting bagi perkembangan anak adalah aspek moral perilaku terutama karakter mandiri. Untuk mendorong anak usia dini menuju kekemandiriannya, orangtua dan guru PAUD perlu memberikan berbagai pilihan dan bila dimungkinkan sekaligus memberikan gambaran kemungkinan konsekuensi yang menyertai pilihan yang diambilnya. Guru hendaknya menanamkan nilai-nilai kemandirian sejak dini pada anak dan memberikan motivasi dan arahan yang tepat agar anak dapat mengembangkan diri sesuai kecerdasan yang dimilikinya. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan karakter kemandirian adalah melalui cerita video visual

Kata kunci: Metode bercerita, Media Video Visual, kemandirian anak

















iii

Tidak ada komentar:

Posting Komentar