PROPOSAL
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL
PROGRAM
“MENINGKATKAN KEMANDIRIAN
ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA VIDEO VISUAL PADA KELOMPOK B1
TK DARUL ULOOM ”
BIDANG
KEGIATAN:
PKM PENELITIAN (PKM-P)
Diusulkan oleh
:
MARIANA 131610399 / 2013
RENI SUSANTI 131610362 / 2013
Mustika Hati 161610196/ 2016
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH PONTIANAK
PONTIANAK
2016
HALAMAN PENGESAHAN USULAN PKM-PENELITIAN
1. Judul Kegiatan
:
Meningkatkan Kemandirian Anak
Dengan Menggunakan Metode Bercerita Berbantuan Media
Video Visual Pada Kelompok B1 TK Darul Uloom
2.Bidang
Kegiatan : PKM-P
3.
Ketua Pelaksanaan
a. Nama Lengkap : Mariana.
b.NIM
: 131610399
c. Jurusan :
PG-PAUD
d.Universitas :
Muhammadiyah Pontianak
e. Alamat rumah/Telp/ : Jl.Sepakat2 Gg.Villa Sepakat No D1
f.
Email :
maria_nahasaputri@yahoo.com
4.
Anggota Pelaksaan Kegiatan : 3
orang
5.
Dosen Pendamping
a.
Nama Lengkap dan Gelar : Hj.Sudarti, M.Pd
b. NIDN : 1126046902
c. Alamat Rumah dan No. Telp : Jl. Purnama
2, Komplek.Villa Purnama Indah
No A12A , 081256807025
6.Biaya
Kegiatan Total DIKTI : Rp
6.460.000
Sumber
Lain :-
7.Jangka
Waktu Pelaksanaan : 3 bulan
Pontianak, 20 Oktober 2016
Mengetahui,
Pembantu Dekan II Ketua
Pelaksana Kegiatan
Fakultas Fkip
Universitas Muhammadiyah Pontianak
Nama, Nama,MARIANA
Nip, Nim
131610399
Pembantu
Dekan III Dosen
Pembimbing
Bidang
Kemahasiswaan
Universitas
Muhammadiyah Pontianak
Nama,
Nama, Hj.Sudarti, M.Pd
Nip,
NIDN, 1126046902
i
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN......................................................................
ii
DAFTAR ISI..............................................................................................
iii
RINGKASAN............................................................................................
iv
BAB 1. PENDAHULUAN........................................................................ 1
1.1 Latar Belakang............................................................................. 1
1.2 Rumusan Masalah......................................................................... 2
1.3 Tujuan Penelitian ......................................................................... 2
1.4 Luaran Yang Diharapkan............................................................. 3
1.5 manfaat penelitian ....................................................................... 3
BAB 2. TINJAUAN
PUSTAKA.............................................................. 4
2.1 Pengertian Kemandirian............................................................... 4
2.2 Pengertian Metode Bercerita........................................................
5
2.3 Pengertian Media Audio visual....................................................... 7
BAB 3. METODE
PENELITIAN........................................................... 8
3.1 Metode
Penelitian......................................................................... 8
3.2 Lokasi
dan Sasaran Penelitian ………………………………. 8
3.3
Tahapan-tahapan penelitian ………………………………… 9
3.4 Teknik
Pengumpulan Data Penelitian ……………………… 10
3.5 Teknik Analisis
Data ………………………………………….. 10
BAB 4. BIAYA DAN JADWAL
KEGIATAN......................................
11
4.1
Anggaran Biaya............................................................................
11
4.2
Jadwal Kegiatan...........................................................................
11
BAB 5. DAFTAR PUSTAKA.................................................................. 12
BAB 6. LAMPIRAN -
LAMPIRAN........................................................ 13
Lampiran
1. Biodata Ketua, Anggota dan Dosen Pembimbing......... 13
Lampiran
2. Justifikasi Anggaran Kegiatan....................................... 22
Lampiran
3. Susunan Organisasi Tim Peneliti dan Pemberian tugas.. 23
Lampiran
4. Surat Pernyataan Ketua Peneliti..................................... 25
Lampiran
5. Surat Pernyataan Kesediaan Kerjasama Dari Mitra.......
ii
RINGKASAN
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui metode bercerita dengan
menggunakan media Video Visual dapat meningkatkan kemandirian anak pada
kelompok B1 TK Darul Uloom. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B1
sebanyak 24 orang, laki-laki 13 orang dan perempuan 10 orang. Salah satu aspek
yang memiliki peranan penting bagi perkembangan anak adalah aspek moral
perilaku terutama karakter mandiri. Untuk mendorong anak usia dini menuju
kekemandiriannya, orangtua dan guru PAUD perlu memberikan berbagai pilihan dan
bila dimungkinkan sekaligus memberikan gambaran kemungkinan konsekuensi yang
menyertai pilihan yang diambilnya. Guru hendaknya menanamkan nilai-nilai
kemandirian sejak dini pada anak dan memberikan motivasi dan arahan yang tepat
agar anak dapat mengembangkan diri sesuai kecerdasan yang dimilikinya. Salah
satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan karakter kemandirian adalah
melalui cerita video visual
Kata
kunci: Metode bercerita, Media Video Visual, kemandirian anak
iii
Tidak ada komentar:
Posting Komentar