PROPOSAL
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL
PROGRAM
”PENGEMBANGAN
SOSIAL EMOSIONAL ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI KELOMPOK A
TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA TIMUR”
BIDANG
KEGIATAN:
PKM
PENELITIAN (PKM-P)
Diusulkan oleh
:
RENI SUSANTI 131610362/ 2013
MARIANA 131610362 / 2013
.........................
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH PONTIANAK
PONTIANAK
2016
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL................................................................................. i
LEMBAR
PENGESAHAN......................................................................
ii
DAFTAR ISI..............................................................................................
iii
RINGKASAN............................................................................................
iv
BAB 1.
PENDAHULUAN........................................................................ 1
1.1 Latar Belakang............................................................................. 1
1.2 Rumusan Masalah.........................................................................
1
1.3 Tujuan Penelitian ......................................................................... 2
1.4 Luaran Yang
Diharapkan............................................................. 2
1.5 manfaat penelitian ....................................................................... 2
BAB 2.
TINJAUAN PUSTAKA.............................................................. 3
2.1 Pengertian Metode
Audio Visual.................................................
2.2 Pengertian Motivasi
Belajar..........................................................
2.3 Pengertian Hasil
Belajar...............................................................
BAB 3. METODE
PENELITIAN........................................................... 5
3.1 Tempat Dan Waktu
Penelitian......................................................
3.2 Metode Penelitian.........................................................................
3.3 Teknik Pengumpulan
Data...........................................................
3.4 Instrumen Penelitian.....................................................................
3.5 Teknik Analisis Data....................................................................
BAB 4. BIAYA
DAN JADWAL KEGIATAN...................................... 7
4.1 Anggaran Biaya............................................................................ 7
4.2 Jadwal Kegiatan........................................................................... 7
BAB 5. DAFTAR
PUSTAKA.................................................................. 7
BAB 6. LAMPIRAN
- LAMPIRAN........................................................ 8
Lampiran 1. Biodata Ketua, Anggota dan Dosen Pembimbing......... 8
Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan....................................... 12
Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Peneliti dan Pemberian tugas.. 14
Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Peneliti..................................... 15
Lampiran 5. Surat Pernyataan Kesediaan Kerjasama Dari Mitra.......
RINGKASAN
Kata
Kunci :
BAB 1. PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Dalam proses pendidikan disekolah,belajar merupakan
kegiatan yang paling pokok. Artinya berhasil atau tidak nya pencapaian tujuan
pendidikan ditentukan oleh proses belajar dan pembelajaran sisiwa disekolah
tersebut, sedangkan keberhasilan belajar seeorang tersebut dipengaruhi oleh
banyak faktor diantaranya adalah motivasi siswa tersebut dalam belajar.
Kenyataan dilapangan banyak kita jumpai siswa belajar
karena terpaksa atau karena kewajiban,
bukan karna kebutuhan. Sehingga mereka melakukan kegiatan belajar tidak dengan
sepenuh hati atau asal-asalkan saja sehingga hasil yang diperoeh tidak optimal.
Hal tersebut terjadi karna didasari tidak adanya
motivasi dan kemauan yang tulus dalam diri seorang siswa, lemahnya motivasi
siswa tersebut dalam belajar sehingga yang ada daam dirinya hanya malas dan
tidak ada semagat. Inilah yang melatar belakangi penulis membuat makalah ini
untuk mengetahui lingkup dari motivasi siswa tersebut.
1.2
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
a. Bagaimanakah
perencanaan guru dalam mengembangkan sosial emosional
anak kelompok A di TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA pontianak Timur ?
b. Bagaimanakah
pelaksanaan Role Playing dalam
proses belajar mengajar untuk meningkatkan sosial
emosional belajar dan hasil belajar anak kelompok
A di TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA Pontianak
Timur ?
c. Bagaimanakah
evaluasi guru dalam penerapan metode Role
Playing dalam proses belajar mengajar untuk
meningkatkan sosial Emosional belajar
dan hasil belajar anak kelompok A
TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA Pontianak Timur ?
1.3
Tujuan
Tujuan
dari Penelitian PKM ini adalah :
a. Untuk
mengetahui apakah adanya perubahan sosial emosional
anak
kelompok A dalam penerapan metode role playing dalam proses belajar
mengajar di TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA Pontianak
Timur
1.4
Luaran
yang Diharapkan
Luaran yang diharapkan dari
penelitian ini adalah :
a. Guru
bisa mengaplikasikan metode ini dalam proses belajar mengajar
b. Siswa mudah memahami pembelajaran yang telah diberikan
1.5
Manfaat
Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah :
a.
Manfaat Teoritis
b.
Manfaat Praktis
BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA
1.1
Pengertian
Perkembangan
Sosial Emosional
Perkembangan sosial merupakan suatu proses pembentukan
social self (pribadi dalam masyarakat) , yakni pribadi dalam keluarga,
budaya, bangsa dan seterusnya (Muhidin, 1999). Sedangkan Harlock (1978)
menyatakan bahwa perkembangan sosial merupakan perolehan kemampuan berperilaku
yang sesuai dengan tuntutan sosial. Sementara ahli yang lain menyatakan bahwa
perkembangan sosial merupakan suatu proses di mana individu/anak melatih
kepekaan dirinya terhadap rangsangan-rangsangan sosial, terutama
tekanan-tekanan dan tuntutan kehidupan kelompoknya serta belajar bergaul dengan
bertingkah laku, seperti anak lain dalam lingkungan sosialnya.(Loree, 1970).
Lebih lanjut dikatakan bahwa perkembangan
sosioemosional meliputi perkembangan dalam hal emosi, kepribadian, dan hubungan
interpersonal (Papalia, 2004). Pada tahap awal masa kanak-kanak, perkembangan
sosial emosional berkisar tentang proses sosialisasi, yaitu proses ketika anak
mempelajari nilai-nilai dan perilaku yang diterima dari masyarakat (Dodge,
2002).
1.2
Pengertian
Pembelajaran
Role Playing
Dalam buku Pembelajaran Kontekstual
(Komalasari : 2010) Model
Pembelajaran Role Playing adalah suatu tipe Model
pembelajaran Pelayanan (Sercvice Learning). Model pembelajaran ini adalah
suatu model penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan
penghayatan murid. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan murid
dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benada mati. Permainan ini pada
umumnya dilakukan lebih dari satu orang, hal ini bergantung kepada apa yang di
perankan. Sedangkan menurut Jill Hadfield Role playing atau bermain peran
adalah sejenis permainan gerak yang didalamnya ada tujuan, aturan dan sekaligus
melibatkan unsur senang Dalam role playing murid dikondisikan pada
situasi tertentu di luar kelas, meskipun saat itu pembelajaran terjadi di dalam
kelas. Selain itu, role playing sering kali dimaksudkan sebagai suatu bentuk
aktivitas dimana pembelajar membayangkan dirinya seolah-olah berada di luar
kelas dan memainkan peran orang lain. Metode Role Playing adalah suatu cara
penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan
siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan
memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Adanya model pembelajaran
Role Playing dalam buku Model Pembelajaran (2008:25) didasarkan pada:
pertama, dibuat berdasarkan asumsi bahwa sangatlah mungkin menciptakan analogi
otentik kedalam situasi permasalahan kehidupan nyata. Kedua, bahwa bermain
peran dapat mendorong siswa mengekspresikan perasaannya dan bahkan melepaskan
perasaannya. Ketiga, bahwa proses psikologis melibatkan sikap, niali dan
keyakinan (belief) kita serta mengarahkan pada kesadaran melalui keterlibatan
spontan yang disertai analisis . model pembelajaran ini dipelopori oleh George
Shafel.
Model pembelajaran role playing atau
bermain peran ini merupakan pembelajaran yang lebih menekankan pada permainan
gerak dan siswa biasanya di latih untuk memahami, memperagakan setiap peran –
peran yang di perankan nya untuk selanjutnya biasanya siswa di tugaskan untuk
memberikan penilaian baik kekurangan atau kelebihan dari peran yang dimainkan
ataupun juga jalan cerita yang di perankannya. Selain penialaian terhadap peran,
penilaaian terhadap jalan cerita dalam role playing tersebut biasanya di
jadikan bahan refleksi dalam model pembelajaran role playing misalnya
menentukan apa isi dari cerita tersebut, hikmah yang di dapat dalam ceritanya
dan lain- lain.
Menurut
Miftahul A’la dalam bukunya Quantum Teaching (2011:49) metode pembelajaran Role
playing (bermain peran) adalah merupakan cara penguasaan bahan–bahan pelajaran
melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan yang dimiliki oleh setiap siswa.
Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankan
memerankan sebagai tokoh hidup atau benda mati. Permainan ini umumnya dilakukan
lebih dari satu orang, itu bergantung kepada apa yang di perankan.
BAB 3. METODE
PENELITIAN
3.1 Tempat Dan Waktu Penelitian
Penelitian ini akan dilaksanakan di Taman
Kanak-kanak Pembina Pontianak Timur pada tahun ajaran 2017/2018 yang beralamat di Jalan Sultan Hamid 2 . Komplek Gerbang Permata Asri Dalam Bugis.
Pontianak Timur Kota Pontianak Kalimantan Barat
3.2 Metode Penelitian
Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kualitatif
Penelitian
kualitatif adalah suatu pendekatan yang juga disebut pendekatan investigasi
karena biasanya peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung
dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian (McMillan &
Schumacher, 2003). Penelitian kualitatif juga bisa dimaksudkan sebagai jenis
penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik
atau bentuk hitungan lainnya ( Strauss & Corbin, 2003). Sekalipun demikian,
data yang dikumpulkan dari penelitian kualitatif memungkinkan untuk dianalisis
melalui suatu penghitungan.
Penelitian kualitatif
(Qualitative research) bertolak dari filsafat konstruktivisme yang berasumsi
bahwa kenyataan itu berdimensi jamak, interaktif dan suatu pertukaran
pengalaman sosial (a shared social eperience) yang diinterpretasikan oleh
individu-individu. (Nana Syaodih, 2001 : 94).
Sementara itu, menurut (Sugiono,
2009:15), metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang
berlandaskan pada filsafat postpositifsime, digunakan untuk meneliti pada
kondisi objek yang alamiah (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti
adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sample sumber dan data dilakukan
secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan data dilakukan dengan
triangulasi (gabungan) analisis data bersifat induktif / kualitatif, dan hasil
penelitian kualitatif lebih menekankan pada makna daripada generalisasi.
Metode penelitian kualitatif
sering disebut metode penelitian naturalistic (naturalistic research), karena
penelitian dilakukan dalam kondisi yang alamiah (natural setting). Disebut juga
penelitian etnografi, karena pada awalnya metode ini banyak digunakan untuk
penelitian bidang antropologi budaya. Selain itu disebut sebagai metode
kualitatif karena data yang terkumpul dan dianalisis lebih bersifat kualitatif.
Pada penelitian kualitatif,
penelitian dilakukan pada objek yang alamiah maksudnya, objek yang berkembang
apa adanya, tidak dimanipulasi oleh peneliti dan kehadiran peneliti tidak
begitu mempengaruhi dinamika pada objek tersebut.
3.3
Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling
utama dalam proses penelitian, karena tujuan utama dari penelitian adalah
mendapatkan data. Teknik pengumpulan data yang diperlukan disini adalah teknik
pengumpulan data mana yang paling tepat, sehingga benar-benar didapat data yang
valid dan reliable.
Dalam penelitian ini, obervasi di gunakan untuk
mengetahui adanya perubahan tingkah laku tindakan siswa yaitu meningkatnya asosial
emosional anak. Dalam penelitian ini, metode dokumentasi digunakan untuk
mendukung hasil observasi yang dilakukan peneliti tentang tentang identifikasi anak
di TK Pembina Timur antara lain seperti nama siswa, banyak siswa, daftar nilai
serta proses penelitian.
3.4
Instrumen Penelitian
Instrumen
yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah lembar observasi berupa
check list untuk mengetahui adanya pengaruh yang terdapat dari penerapan metode
audio visual yang akan digunakan.
3.5
Teknik Analisis Data
Dalam
menganalisis data hasil penelitian dapat diuraikan secara deskriptif
(kualitatif). Menurut Miles dan Huberman,
terdapat tiga teknik analisisi data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Proses ini berlangsung terus-menerus
selama penelitian berlangsung, bahkan sebelum data benar-benar terkumpul.
a. Reduksi
Data
Reduksi
data merupakan salah satu dari teknik analisis data kualitatif. Reduksi data
adalah bentuk analisis yang menajamkan, menggolongkan, mengarahkan, membuang
yang tidak perlu dan mengorganisasi data sedemikian rupa sehingga kesimpulan
akhir dapat diambil. Reduksi tidak perlu diartikan sebagai kuantifikasi data.
b. Penyajian
Data
Penyajian
data merupakan salah satu dari teknik analisis data kualitatif. Penyajian data
adalah kegiatan ketika sekumpulan informasi disusun, sehingga memberi
kemungkinan akan adanya penarikan kesimpulan. Bentuk penyajian data kualitatif
berupa teks naratif (berbentuk catatan lapangan), matriks, grafik, jaringan dan
bagan.
c. Penarikan
Kesimpulan
Penarikan
kesimpulan merupakan salah satu dari teknik analisis data kualitatif. Penarikan
kesimpulan adalah hasil analisis yang dapat digunakan untuk mengambil tindakan.
BAB 4. BIAYA DAN JADWAL
KEGIATAN
4.1 Anggara Biaya
Tabel
4.1 Format Ringkasan Anggaran Biaya
Penelitian
No
|
Jenis Pengeluaran
|
Biaya
|
1
|
Peralatan
Penunjang
|
|
2
|
Bahan
Habis Pakai
|
|
3
|
Perjalanan
|
|
4
|
Lain-Lain
|
|
Jumlah
|
|
4.2 Jadwal Kegiatan Program
Kegiatan
akan dilaksanakan selama 3 bulan dengan rincian kegiatan sebagai berikut:
Tabel
4.2 Jadwal Kegiatan Program
No
|
Rincian Kegiatan
|
Bulan ke-
|
||
I
|
II
|
III
|
||
1
|
Konsultasi
|
|
|
|
2
|
Persiapan
|
|
|
|
3
|
Perizinan
|
|
|
|
4
|
Pelaksanaan
program
|
|
|
|
5
|
Analisis
data
|
|
|
|
6
|
Penarikan
kesimpulan
|
|
|
|
7
|
Penyusunan
laporan akhir / hasil
|
|
|
|
BAB
5. DAFTAR PUSTAKA
.........
2015. Teknik Pengumpulan Data Dan Analisis Data Kualitatf. Tersedia [On Line]:
(http://www.pengertianpakar.com/2015/05/teknik-pengumpulan-dan-analisis-data-kualitatif.html). Di Akses Pada Tanggal 10 Oktober 2016
Rahayu.
2014. Teknik Pengumpulan Data. Tersedia [On Line]: (http://rahayyuchan.blogspot.co.id/2014/06/teknik-pengumpulan-data-dalam.html). Di Akses Pada Tanggal 10 Oktober 2016
Kartono, Kartini. (1986). Psikologi Anak. Bandung : Alumni.
http://ras-eko.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-role-playing.html
BAB 6. LAMPIRAN –
LAMPIRAN
Lampiran 1. Biodata Ketua, Anggota, Dosen Pembimbing
A.
Biodata
Ketua
a. Identitas
Diri
1
|
Nama lengkap ( dengan gelar )
|
Reni Susanti
|
2
|
Jenis kelamin
|
Perempuan
|
3
|
Program studi
|
PG-PAUD
|
4
|
NIM
|
131610362
|
5
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Tayan 14 november1995
|
6
|
E-mail
|
Renisusanti82@yahoo.com
|
7
|
Nomor telepon / HP
|
085252044741
|
b. Riwayat
Pendidikan
|
SD
|
SMP
|
SMA
|
Nama institusi
|
SDN 01 Tayan Hilir
|
MTs. Alhikmah Tayan Hilir
|
SMA Negeri 1 Tayan Hilir
|
Jurusan
|
|
|
IPS
|
Tahun masuk-lulus
|
2001-2007
|
2007-2010
|
2010-2013
|
c. Pemakalah
Seminar Ilmiah ( Oral Presentation )
No
|
Nama pertemuan ilmiah / seminar
|
Judul artikel ilmiah
|
Waktu dan tempat
|
|
|
|
|
d. Penghargaan
Dalam 10 Tahun Terakhir ( dari
pemerintah, asosiasi atau intitusi lainnya)
No
|
Jenis penghargaan
|
Instusi pemberi penghargaan
|
Tahun
|
|
|
|
|
Semua data yang saya isikan dan
tercantum adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian
hari terdapat ketidaksesuaian maka saya sanggup diberikan sanksi. Demikian
biadata ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk memenuhi syarat pengajuan
hibah PKM-P.
Pontianak, 17 oktober
2016
RENI SUSANTI
131610362
B.
Biodata
Anggota 1
a. Identitas
Diri
1
|
Nama lengkap ( dengan gelar )
|
Mariana
|
2
|
Jenis kelamin
|
Perempuan
|
3
|
Program studi
|
PG-PAUD
|
4
|
NIM
|
131610399
|
5
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Seluan 15 mei 1993
|
6
|
E-mail
|
Maria_nahasaputri@yahoo.com
|
7
|
Nomor telepon / HP
|
082389846684
|
b. Riwayat
Pendidikan
|
SD
|
SMP
|
SMA
|
Nama institusi
|
|
|
|
Jurusan
|
|
|
|
Tahun masuk-lulus
|
2001-2007
|
2007-2010
|
2010-2013
|
c. Pemakalah
Seminar Ilmiah
No
|
Nama pertemuan ilmiah / seminar
|
Judul artikel ilmiah
|
Waktu dan tempat
|
|
|
|
|
d. Penghargaan
Dalam 10 Tahun Terakhir
No
|
Jenis penghargaan
|
Instusi pemberi penghargaan
|
Tahun
|
|
|
|
|
Semua data yang saya isikan dan
tercantum adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila
dikemudian hari terdapat ketidaksesuaian maka saya sanggup diberikan sanksi.
Demikian biadata ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk memenuhi syarat
pengajuan hibah PKM-P.
Pontianak, 17 Oktober
2016
MARIANA
131610399
C.
Biodata
Anggota 2
a. Identitas
Diri
1
|
Nama lengkap ( dengan gelar )
|
|
2
|
Jenis kelamin
|
Perempuan
|
3
|
Program studi
|
PG-PAUD
|
4
|
NIM
|
|
5
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
|
6
|
E-mail
|
|
7
|
Nomor telepon / HP
|
|
b. Riwayat
Pendidikan
|
SD
|
SMP
|
SMA
|
Nama institusi
|
|
|
|
Jurusan
|
|
|
|
Tahun masuk-lulus
|
|
|
|
c. Pemakalah
Seminar Ilmiah
No
|
Nama pertemuan ilmiah / seminar
|
Judul artikel ilmiah
|
Waktu dan tempat
|
|
|
|
|
d. Penghargaan
Dalam 10 Tahun Terakhir
No
|
Jenis penghargaan
|
Instusi pemberi penghargaan
|
Tahun
|
|
|
|
|
Semua data yang saya isikan dan
tercantum adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila
dikemudian hari terdapat ketidaksesuaian maka saya sanggup diberikan sanksi.
Demikian biadata ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk memenuhi syarat
pengajuan hibah PKM-P.
Pontianak, 17 oktober
2016
.....................................
D.
Biodata
Dosen Pembimbing
Nama
lengkap :
NIDN :
Pangkat
/ gol :
Jabatan
sekarang :
Riwayat
pendidikan :
Jenjang
|
NAMA
SEKOLAH / PT
|
PROGRAM
STUDI
|
TAHUN
LULUS
|
S1
|
|
|
|
S2
|
|
|
|
Pengalaman
jabatan
a. ....................................
b. ...................................
c. ...................................
Pengalaman
kegiatan ( termasuk kegiatan kewirausahaan )
a. ......................................
b. ...................................
c. ...................................
Prestasi
yang pernah diraih
a. ...................................
b. ...................................
c. .................................
Pontianak,
17 oktober 2016
Dosen
pendamping/ mentor,
Yuniarti,
M.Pd
NIDN.
Lampiran
2. Justifikasi Anggaran Kegiatan
a. Peralatan Penunjang
NO
|
Material
|
Justifikasi
Pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga Satuan
( Rp )
|
Jumlah
( Rp )
|
1
|
Sewa printer
|
|
3 kali
|
|
|
2
|
Sewa kamera
|
|
36 kali
|
|
|
3
|
DVD Blank
|
|
|
|
|
4
|
Microfon
|
|
|
|
|
5
|
Labeling CD
|
|
|
|
|
6
|
CD RW
|
|
|
|
|
7
|
Kabel colokan
|
|
|
|
|
8
|
Proyektor
|
|
|
|
|
9
|
Speaker
|
|
|
|
|
SUB TOTAL
|
|
b.
Bahan Habis Pakai
NO
|
Material
|
Justifikasi
Pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga Satuan
( Rp )
|
Jumlah
( Rp )
|
1
|
Hvs A4
|
|
2 rim
|
38.000
|
76.000
|
2
|
Tinta Print
|
|
1 botol
|
80.000
|
80.000
|
3
|
Paket internet
mencari materi
|
|
3 kali
|
60.000
|
180.000
|
4
|
Alat tulis
kantor
|
|
|
|
500.000
|
5
|
Akomodasi
|
|
3 kali
|
150.000
|
450.000
|
SUB TOTAL
|
|
c.
Perjalanan
NO
|
Material
|
Justifikasi
Pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga Satuan
( Rp )
|
Jumlah
( Rp )
|
1
|
Transportasi
uji coba ke paud
|
|
3 org x 40
kali
|
30.000
|
3.600.000
|
2
|
Transportasi
pembelian barang penunjang
|
|
3 org x 4 kali
|
30.000
|
360.000
|
3
|
Transportasi
pembuatan laporan
|
|
3 org x 3 kali
|
30.000
|
270.000
|
SUB TOTAL
|
|
d. Lain-Lain
No
|
Material
|
Justifikasi
Pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga
Satuan
( Rp )
|
Jumlah
( Rp )
|
1
|
Dokumentasi
|
|
2
pkt
|
50.000
|
100.000
|
2
|
Pembuatan
laporan
|
|
4
eks
|
35.000
|
140.000
|
3
|
Materai
|
|
|
|
50.000
|
4
|
Pengolahan
dan analisis data
|
|
|
|
250.000
|
5
|
Editing
dan entry data
|
|
|
|
250.000
|
SUB
TOTAL
|
|
||||
TOTAL
|
|
Lampiran 3. Susunan Organisasi
No
|
Nama
/ NIM
|
Program
Studi
|
Bidang
ilmu
|
Alokasi
waktu (jam/ mingg)
|
Uraian Tugas
|
1
|
RENI SUSANTI/ 131610362
|
PG PAUD
|
FKIP
|
12 Jam/
Minggu
|
-
Melakukan
observasi awal penelitian,
-
Membuat
perencanaan tahapan penelitian,
-
Melakukan
pelaksanaan penelitian,
-
Melakukan
analisis data,
-
Membuat
laporan penelitian
|
2
|
MARIANA/ 131610399
|
PG PAUD
|
FKIP
|
12 Jam/
minggu
|
-
Melakukan
observasi awal penelitian,
-
Membeli
perlengkapan yang dibutuhkan dalam penelitian,
-
Melakukan
pelaksanaan penelitian,
-
Mendokumentasikan
kegiatan penelitian,
-
Membantu
pembuatan laporan penelitian,
-
Menggandakan
laporan penelitian
|
3
|
|
PG PAUD
|
FKIP
|
12 Jam/
minggu
|
-
Melakukan
observasi awal penelitian,
-
Mengkoordinasi
pengumpulan data dengan lokasi penelitian,
-
Mendokumentasi
kegiatan peneltian,
-
Membantu
pembuatan laporan penelitian,
-
Menggandakan
laporan penelitian
|
UNIVERSITAS MUHAMMADITAH PONTIANAK
Alamat : jalan jendral A. Yani 1 no. 111 telp. / fax. (0561)
764571-737278
www. Unmuhpnk.ac.id
Pontianak – kalimantan barat
SURAT
PERNYATAAN KETUA PELAKSANA
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama
: RENI SUSANTI
NIM
: 131610362
Program Studi
: S1 PG PAUD
Fakultas
: KIP
Dengan ini menyatakan bahwa proposal ( PKM-P ) saya dengan judul : “Pngembangan Sosial Emosional Anak Dengan
Menggunakan Metode Role Playing di Taman Kanak-Kanak Pembina Pontianak Timur” di usulkan untuk tahun anggaran ( 2017 ) bersifat orisinal dan belum pernah dibiayai
oleh lembaga atau sumber dana lain.
Bilamana dikemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan
pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan
ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah
diterima ke kas negara.
Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dengan
sebenar-benarnya.
Pontianak, 24 oktober 2016
Mengetahui, yang
menyatakan,
Wakil rektor I UMP,
Materai
Tanda
tangan
|
Cap dan
Tanda
tangan
|
Ir.
Rachimi, M.Si Reni Susanti
NIDN.
0029046802 NPM.
131610362
Lampiran 5. Surat Pernyataan Kesediaan Dari Mitra
SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN KERJASAMA DARI MITRA
DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA
Yang Bertanda Tangan
Dibawah Ini,
Nama : ROSI
DEPRI JUWITA, SE. S.Pd
Pimpinan Mitra :
TK PEMBINA PONTIANAK TIMUR
Bidang Kegiatan : Kepala Sekolah
Alamat :
Jl.Sultan Hamid 2 . Pontianak
Timur
Dengan ini menyatakan Bersedia Untuk Bekerjasama dengan
pelaksana kegiatan Program Kreatifitas
Mahasiswa --- Penelitian ---. :
Nama Ketua Tim Pengusul : RENI
SUSANTI
Nomor Induk Mahasiswa : 131610362
Program Studi : PG PAUD
Nama Dosen Pembimbing : YUNIARTI
Perguruan Tinggi : Universitas Muhammadiyah
Pontianak
Guna menerapkan dan/
atau mengembangkan IPTEKS pada tempat kami.
Bersama ini pula kami
nyatakan dengan sebenarnya bahwa diantara pihak mitra dan pelaksana kegiatan program
tidak terdapat ikatan kekeluargaan dan ikatan usaha dalam wujud apapun juga.
Demikian surat
pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab tanpa adanya
unsur pemaksaan didalam pembuatannya untuk dapat digunakan dengan sebagaimana
mestinya.
Pontianak, 24
oktober 2016
Yang menyatakan,
Materai
Tanda
tangan
|
ROSI DEPRI JUWITA, SE. S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar